Rabu , Juni 19 2019
Home / Uncategorized / CAPACITY BUILDING

CAPACITY BUILDING

Ramadhan Kareem, Ramadhan Berkah. Bulan suci Ramadhan tahun ini PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi benar-benar memanfaatkannya dengan kegiatan-kegiatan positif dengan berdalih pada seruan Allah–Fastabiqul Khoirot.

Ngaji Kitab “Irsyadul Ibad” bersama KH. Ali Makki

Sejak awal bulan Ramadhan 1440H, PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi mengadakan Ngaji Bareng dengan mengkaji Kitab Irsyadul Ibad yang diasuh langsung oleh KH. Ali Makki dan bertempat di Mushollah Kampung Kenik, Ganjaran.

Opening Ceremony of Capacity Building
Foto Bersama usai Pembukaan

Tak hanya kegiatan yang bernafaskan Islam yang digalakkan, namun di era revolusi industri 4.0 ini Pengurus PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi juga mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas kader yang dikonsep dalam acara Capacity Building dengan tema “Meningkatkan Kualitas Kader dalam Berorganisasi dan Tertib Administrasi” yang dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu, 28-29 Mei 2019 di MTs. Al-Hamidiyah Gondanglegi.

Khotmil Qur’an

Capacity Building kali ini dihadiri oleh Ketua PC. IPNU-IPPNU Kab. Malang, Wakil dari Kepala MTs. Al-Hamidiyah, Sahabat PMII Komisariat IAI Al-Qolam, dan Ketua MWC NU Gondanglegi yang akrab disapa dengan Abah Zen. Usai pembukaan, acara ini dilanjutkan dengan shalat dhuha dan khotmil Qur’an oleh seluruh anggota PR, PK, dan PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi.

Khotmil Qur’an

Untuk merealisasikan esensi dari tema tersebut, panitia menyuguhkan Pelatihan Public Speaking yang dimentori langsung oleh Rekanita Anggita Putri Ningrum dari DKW KPP Jawa Timur. Disela-sela materi yang ia sampaikan, ada satu hal yang terngiang dalam pikiran dan harus diimplementasikan dalam sebuah organisasi yakni vision, action, passion and colaboration. Tak hanya materi yang ditransfer, namun pemateri yang sudah handal di bidangnya ini mengajak para rekan-rekanita yang hadir untuk praktik langsung agar menjadi speaker yang baik dan menarik perhatian audiens.

Public Speaking oleh Rekanita Anggita Putri Ningrum dari DKW KPP Jawa Timur
Penyerahan Sertifikat oleh Ketua PAC IPPNU Gondanglegi kepada Rekanita Anggita

Pada kesempatan kali ini, PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi juga mengajak para rekan-rekanita untuk meningkatkan jiwa sosial. Hal ini direalisasikan dengan program bagi-bagi takjil menjelang maghrib di jalan raya depan MTs. Al-Hamidiyah. Kegiatan ini selain sebagai misi sosial juga melaksanakan ajaran Rasulullah. Ada sebuah riwayat yang mengatakan “Tolaklah api neraka walaupun hanya dengan sedekah sak klamutan kurma”. Di sisi lain, dengan acara bagi-bagi takjil ini juga dapat mengenalkan IPNU-IPPNU, sebab para anggotanya memakai batik khas IPNU-IPPNU.

Bagi-bagi Takjil

Saat maghrib tiba, pelajar dengan jargon belajar-berjuang-bertaqwa ini melaksanakan buka bersama di halaman MTs. Al-Hamidiyah dan dilanjutkan shalat maghrib hingga tarawih bersama. Setelah tarawih, ada Talk Show dengan pemantik dari 3 Ketua Demisioner PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi. Tujuan dari acara ini agar IPNU-IPPNU yang sekarang bisa berkaca dari pendahulunya, sehingga dapat meningkatkan kualitas organisasi. Selain itu, dalam diskusi ini peserta juga melontarkan berbagai pertanyaan seputar PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi yang sebelumnya pernah vakum hingga jaya kembali, maupun pertanyaan mengenai kiat-kiat agar kader IPNU-IPPNU mengobarkan semangat juang dalam pengabdiannya. Tepat pukul 22.00 WIB, acara Talk Show ini usai dan meski berjalan cukup lama namun berlangsung dengan suasana santai dan cair.

Talk Show oleh 3 Ketua Demisioner PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi

Keesokan harinya, tepat hari Rabu, 29 Mei 2019, di pagi yang cerah kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Administrasi oleh Sekretaris PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi. Kegiatan ini wajib diikuti oleh ketua dan sekretaris maupun perwakilan dari pimpinan ranting dan komisariat. “Administrasi yang baik akan membawa kemudahan dalam menjalankan roda organisasi” ungkapan itulah yang menjadi konteks bahwa pentingnya administrasi untuk digeluti oleh kader IPNU-IPPNU. Acara pelatihan administrasi ini sebagai acara pamungkas dalam kegiatan Capacity Building.

Pelatihan Administrasi oleh Sekretaris PAC IPNU Gondanglegi

“Semoga di perjalanan kita selama 2 hari ini tidak hanya meningkatkan kualitas diri, namun juga semakin menambah keakraban antar ranting dan komisariat. Selain itu, dengan adanya kegiatan semacam ini, PAC IPNU-IPPNU akan semakin solid dan lebih baik ke depannya”, tutur Risa selaku Ketua IPPNU Gondanglegi dalam sambutannya saat closing ceremony.

About Pelajar NU Sepanjang

Check Also

Effizientes Ressourcenmanagement für Cloud-Computing-Umgebungen | Digitaler Datenraum

Der Begriff dieses Cloud Computing hat nicht nur das Gebiet jener verteilten Systeme verändert, sondern …

Cintailah Pancasila : Piagam Madinah Versi Indonesia

Selamat hari lahir Pancasila 2019. Bicara tentang PANCASILA berarti membicarakan Indonesia “Negeri Potongan Surga”. Indonesia …

MAKESTA dan Pelantikan Raya PAC. IPNU-IPPNU Gondanglegi

Pelajar NU – Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) merupakan jenjang kaderisasi formal tingkat dasar dalam IPNU-IPPNU …

Investigating Convenient Advice Of Girls Asian

But if your a fabulous male interested to go out with a great Asian girl, …

Unbelievable Method Upon Supplements South Africa

What’s Be Taking Barrier Calcium? Or even wondered why who stubborn stomach fat the fact …

Practical Secrets Of Foreign Brides In The Uk

Any Keys To To help you Flirting With Eyes Contact Online dating with the majority …

Then i Married a Western Man – Urban center Magazine

What things to Look Out For When ever Dating Foreign Women We are able to …

3 simple techniques for dating a Russian woman

Marriage is certainly well worth struggling with for. It does not take ultimate read here …

Realistic Methods In Latin Brides Across The Usa

Need to make the dude you’ve gotten always wanted push you wish a runaway stallion? …

Convenient Dating studio com Methods Across The Usa

Specific Dating Fundamentals Explained Men may select single profiles and complement, but they generally are …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas