Selasa , Mei 21 2019
Home / Artikel / TIPS MEMILIH TEMAN DALAM SYAIR SUNDA BAING

TIPS MEMILIH TEMAN DALAM SYAIR SUNDA BAING

Pelajar NU – Ada beberapa tips yang disampaikan Baing, seorang ulama dari Purwakarta. Ia menyampaikan tips tersebut dalam bentuk pupuh atau semacam syair dalam bahasa Sunda yang diabadikan dalam buku Wawacan Iman, Elmu reujeung Amal. Menurut pengantar buku tersebut, Baing menyampaikan ajaran Islam melalui syair pada tahun 1930-an, di kediamannya, Purwakarta.
Dalam tulisan ini dicantumkan syair ulama yang memiliki nasab kepada Raden Aria Wiratanudatar, pendiri Cianjur, dalam bentuk aslinya yang menggunakan bahasa Sunda, yang diiringi terjemahan babasnya.
“Aya adab milih sobat deui, kudu aya nu lima perkara, eta urang kudu nyaho, milih ulah kaliru, ulah kurang nu lima rupi. Kahiji nu berakal, sartana berelmu, nu tumut ka hukum syara, uIah jalma pondok akal kurang pikir, ahirna sok baruntak,”  katanya dalam pupuh dangdanggula.
Ada lima kriteria seseorang yang mestinya dijadikan teman. Pertama adalah orang yang berilmu, yang taat kepada hukum syariat. Jangan memilih yang pendek akal.
Kaduana nu alus parangi, sarta alus kasauranana, teu katangen lampah goreng, tara lantung tambuh laku, sumawonna mungkir ti Nabi, ngalampahkeun ma’siat, tara pisan kitu, nu matak kudu milihan, bisi jalma pondok akal kurang pikir, mo aya kaalusan.
Kedua, yang harus dipilih adalah orang yang baik perangainya, bagus perkataanya, tidak bertindak yang percuma, apalagi bertolak belakang dari ajaran Nabi, serta tidak berbuat maksiat. Karena itulah dalam memilih teman jangan sampai orang yang pendek akal, kurang berpikir, karena tidak ada kebaikan berteman dengan orang seperti itu.
Ari anu katilu perkawis, kudu milih nu ahli ibadah ngalampahkeun amal soleh, nu sok tara takabur, ari kaopatna perkawis, urang kudu milihan, anu lemah lembut, sauma tara sulaya, sok nekanan sakabeh jangji pasini, taya pisan cidrana.
Ketiga, harus memilih sahabat yang ahli ibadah, melakukan amal saleh, tidak takabur. Keempat, orang yang mesti dijadikan teman adalah orang yang lemah lembut. Tidak pernah ingkar janji.
Ari anu kalima perkawis, kudu milih anu terus terang, ulah nu sok gede bohong, karesep ngan ngawadul, komo lamun jeung sok pitnah deui, henteu nyimpen rasiah, sok daek mangadu, sok tara ditimbang-timbang, sarupa enggeus taya pisan pamilih, hadena jeung gorengna.
Kelima, harus memilih orang yang suka berterus terang, bukan yang sering bohong, tidak suka fitnah, tidak menyimpan rahasia, mengadu-adu, tidak memiliki pertimbangan, tidak mempertimbangkan dari baik dan buruknya sesuatu.
Reujeung ulah sok lanca-linci, henteu tetep kalakuanana, adatna sok luak-leok, tangtungan henteu puguh, kana cecekelan pribadi, teu aya katetepan, eta anu kitu, pacuan rek dihadean.
Serta jangan memillih teman yang plin-plan, tidak punya pegangan, orang seperti itu jangan diteman.(Abdullah Alawi)

About Admin

Check Also

Begini Cara Mencari Hukum Islam yang Tepat di Internet

Pelajar NU – Saat ini internet telah menjadi salah satu media yang paling efektif dalam …

Jejak-jejak Perjuangan Kemanusiaan Gus Dur

Pelajar NU – Oleh Zastrouw Al-Ngatawi Siang itu suasana pendopo pesanntren al Muayyad Solo dipadati …

Presiden Jokowidodo Buka Kongres IPPNU

Pelajar NU – Jakarta, Presiden H Joko Widodo direncanakan memberikan pengarahan sekaligus membuka Kongres Ikatan Pelajar …

20 Waktu yang Disunahkan Membaca Shalawat (Bagian II)

Pelajar NU – Berikut adalah kelanjutan dari artikel bagian sebelumnya tentang 20 (dua puluh) waktu yang …

20 Waktu yang Disunahkan Membaca Shalawat (Bagian I)

Pelajar NU – Sebagaimana diketahui bahwa membaca shalawat kepada Nabi merupakan kewajiban bagi orang mukmin. Hanya …

Monumen Tumpukan Enam Piring, Simbol Toleransi di Raja Ampat

Pelajar NU – Bila Anda berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat dan ingin …

KH As’ad Syamsul Arifin, Mengomando Santri hingga Preman

Pelajar NU – “Perang itu harus niat menegakkan agama dan ‘arebbuk negere’ (merebut negara), jangan hanya …

SAYYIDAH NAFISAH, ULAMA PEREMPUAN GURU IMAM SYAFI’I

Pelajar NU – Ini kisah tentang perempuan suci, cicit dari Nabi Muhammad Saw. Ia juga seorang …

PK IPNU-IPPNU SMA Ar-rifaie adakan Masa Kesetiaan Anggota

Pelajar NU – IPNU-IPPNU merupakan sebuah organisasi kaderisasi yang menjadi kaki dari kaderisasi Nahdlatul Ulama. Sehingga …

PR IPNU-IPPNU Ganjaran Selenggarakan Rapat Anggota

Pelajar NU – Estafet kepengurusan dalam suatu organisasi adalah sebuah hal yang fardhu sebagai keberlangsungan kaderisasi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas