Jumat , April 3 2020
Home / Berita / Peringati Harlah, IPNU IPPNU Gondanglegi Gelar Bedah Kaderisasi dan Temu Alumni

Peringati Harlah, IPNU IPPNU Gondanglegi Gelar Bedah Kaderisasi dan Temu Alumni

IMG-20180311-WA005524 Februari kemarin, IPNU telah genap berusia 64 tahun, sedangkan pada 2 Maret IPPNU juga memasuki usianya yang ke 63. Segenap kader IPNU IPPNU di seluruh penjuru tanah air berlomba-lomba untuk memeriahkan hari lahir Ikatan mereka.

Tidak mau ketinggalan, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Gondanglegi juga ambil bagian, tahun ini mereka mengisinya dengan dua acara yang diselenggarakan secara bersamaan. Pertama, mereka menggelar Bedah Kaderisasi dengan mendatangkan Rekan Eka Wahyudi, selaku Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PW IPNU Jawa Timur dan Rekanita Nur Fauziah dari PW IPPNU Jawa Timur. Kedua, Temu Alumni dengan mengundang seluruh alumni dari dekade 70an hingga yang baru demisioner.

Setiap tingkat kepengurusan dapat merumuskan program, strategi, pendekatan, dan metode pendampingan dan pengembangan kader yang relevan, kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi geo-sosial setempat. Demikian penjelasan Rekan Eka Wahyudi dalam menutup presentasinya tentang Kaderisasi di IPNU. Sedangkan Rekanita Zia (sapaan akrab Nur Fauziah) memberikan penegasan bahwa Kaderisasi adalah proses pencetakan manusia-manusia yang memiliki kompetensi yang mapan untuk menjalankan amanahnya dalam suatu organisasi.Mengasah Manusia, kompetensi dan organisasi.

Hadir dalam acara ini, Ust. Agus Salim (Alumni, Politikus, Dosen UNIRA), Ust. Nurul Rohman (Sekretaris MWC NU Gondanglegi, Alumni IPNU Pasuruan), Ust. Suparman (Dewan Syuriah MWC NU Gondanglegi, Kepala MTs Nurul Irsyad), Ust. Abdul Majid (Alumni, Kepala SMP Pesantren Raudlatul Ulum, Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Malang), Ustadzah Santa Daniyah (Alumni, Sekretaris PC IPPNU Kabupaten Malang), Rekan Yusuf (Ketua PC IPNU Kabupaten Malang), para alumni yang lain dari berbagai latar profesi.

Ratusan kader juga memadati acara ini, yang tidak hanya datang dari Ranting dan Komisariat tetapi juga dari berbagai PAC di Kabupaten Malang, seperti dari Dampit, Pagelaran, Tajinan, Turen, Singosari, Kepanjen dan Wajak. Mereka sangat antusias sekali, karena memang kaderisasi merupakan inti dari organisasi ini, kata Rekanita Fathim selaku Ketua Panitia.

Dengan mengusung tema ‘Integritas Pelajar NU Menuju Kaderisasi yang Bersinergis’, acara ini digelar di Masjid Baqiatussholikhin RT 03 RW 03 Kasin Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi pada hari ini, Ahad, 11 Mei 2018.

Acara ini dimulai pembacaan surat Al-Fatihah untuk Nabi Muhammad, Para Ulama pendiri NU, IPNU dan IPPNU. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Rekanita Lailatun Nafi’ah mantan Ketua PK IPPNU MTs NU Gondanglegi serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars IPNU, mars IPPNU dan Ya lal wathon serta Sambutan-Sambutan dan Doa.

Setelah Pembukaan acara dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng Bersama sebagai wujud syukur atas usia IPNU yang ke 64 dan IPPNU ke 63. Masuk pada acara inti yakni Bedah Kaderisasi dan di forum yang lain para alumni berdiskusi tentang bagaimana IPNU IPPNU Kecamatan Gondanglegi selanjutnya, dengan menghasilkan rumusan upaya bersama pembentukan Ranting di seluruh Desa di Kecamatan Gondanglegi.

Acara ini sejatinya diadakan selain memang untuk memperingati Hari Lahir IPNU IPPNU, yang paling utama adalah mengenalkan sistem Kaderisasi IPNU IPPNU agar para kader memahami bagaimana menjalankan kaderisasi di IPNU IPPNU, ucap Muhammad Fathoni saat dimintai keterangan selaku Ketua PAC IPNU Kecamatan Gondanglegi. Ini juga sebagai bentuk perekatan antara Alumni, Pengurus dan Kader, agar tidak lagi sekat antara senior dan junior namun dengan tetap mengedepankan akhlaqul karimah, tandanya. Dia juga berharap dengan adanya Bedah Kaderisasi ini dapat memperkuat Kaderisasi IPNU IPPNU tidak hanya di Gondanglegi namun di seluruh Kabupaten Malang bahkan kalau perlu dalam skala nasional.

About Admin

Check Also

IPPNU Ajak Masyarakat Stop Pernikahan Anak

Pelajar NU – Lembaga Kesejahteraan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama …

Munas-Konbes NU Setuju RUU PKS dengan Catatan

Pelajar NU – Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas-Konbes NU) …

Open Recruitmen Masa Kesetiaan Anggota PAC. IPNU-IPPNU Gondanglegi

Pelajar NU – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri …

Presiden Jokowidodo Buka Kongres IPPNU

Pelajar NU – Jakarta, Presiden H Joko Widodo direncanakan memberikan pengarahan sekaligus membuka Kongres Ikatan Pelajar …

20 Waktu yang Disunahkan Membaca Shalawat (Bagian II)

Pelajar NU – Berikut adalah kelanjutan dari artikel bagian sebelumnya tentang 20 (dua puluh) waktu yang …

20 Waktu yang Disunahkan Membaca Shalawat (Bagian I)

Pelajar NU – Sebagaimana diketahui bahwa membaca shalawat kepada Nabi merupakan kewajiban bagi orang mukmin. Hanya …

KH As’ad Syamsul Arifin, Mengomando Santri hingga Preman

Pelajar NU – “Perang itu harus niat menegakkan agama dan ‘arebbuk negere’ (merebut negara), jangan hanya …

TIPS MEMILIH TEMAN DALAM SYAIR SUNDA BAING

Pelajar NU – Ada beberapa tips yang disampaikan Baing, seorang ulama dari Purwakarta. Ia menyampaikan tips …

PK IPNU-IPPNU SMA Ar-rifaie adakan Masa Kesetiaan Anggota

Pelajar NU – IPNU-IPPNU merupakan sebuah organisasi kaderisasi yang menjadi kaki dari kaderisasi Nahdlatul Ulama. Sehingga …

MWC NU Gondanglegi Adakan Upacara Hari Santri Nasional Sebagai Puncak GHSN III

Pelajar NU – 22 Oktober merupakan puncak dari Hari Santri Nasional. 22 Oktober merupakan hari yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *